Laman

Kamis, 25 Desember 2014

Pembuatan Boneka Unik

Saat ini, di Negara Indonesia laju pertumbuhan UKM nya semakin pesat. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia sehingga pengangguran menjadi berkurang. Namun, berbagai kendala seperti promosi, modal dan lain sebagainya masih ada. 
Nah, karena UKM merupakan salah satu kegiatan industri yang tahan banting dan tidak terpengaruh adanya krisis global, maka akhirnya sebagian masyarakat memilih peluang usaha kecil. Salah satu UKM  yang bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha ialah memproduksi berbagai macam boneka lucu dalam skala rumah tangga. 
Konsumen dari usaha pembuatan boneka ini beraneka ragam, mulai dari anak-anak, remaja hingga instansi-instansi besar. Biasanya, para instansi memerluka boneka untuk slogan sekaligus lambing bagi perusahaan mereka. Bahkan, para produsen boneka skala rumah tangga lebih menyukai untuk menerima order pesanan boneka dalam jumlah banyak dengan satu model boneka saja. 
Selain dapat menghemat biaya produksi, proses pengerjaan boneka akan menjadi lebih cepat. Maka dari itu, jangan heran jika produksi boneka dikerjakan dengan system borongan. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus memiliki modal berupa skill dan pengetahuan mengenai perkembangan trend boneka yang sedang laris di pasaran. Caranya dengan melihat melalui koran, majalah, internet, maupun mengamati perkembangan film kartun yang sedang digemari masyarakat luas. 
Lalu, jalin kerja sama dengan supplier bahan baku boneka yang memiliki kualitas bahan yang baik dengan penawaran harga yang lebih murah. Setelah mendapatkan supplier, cari tenaga kerja yang benar-benar kreatif dan memiliki skill yang bagus dalam mendesaind an menjahit boneka. Jangan lupa juga untuk melakukan pengontrolan agar kualitas boneka yang diproduksi terjaga dan tidak kalah dengan produk boneka lainnya yang berada di pasaran.
Usaha ini tentu memiliki berbagai kelebihan. Salah satunya adalah minat konsumen akan boneka yang akan terus berjalan dari berbagai kalangan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang membeli boneka dengan harga yang cukup mahal. Nah, kondisi ini tentu bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha sehingga keuntungan yang besar setiap bulannya bisa Anda raih. Selain itu, tidak sedikit orang perusahaan yang menggunakan boneka sebagai alat promosi yang cukup efektif. 
Kondisi ini tentunya menjadi peluang besar bagi para produsen boneka, sebab permintaan konsumen tidak hanya dari perorangan saja namun juga bisa melayani pesanan masal dari instansi tertentu. Namun, bisnis ini juga memiliki kekurangan. Misalnya saja bahan baku yang sering terlambat dan persediaan bahan baku yang terbatas. Tak hanya itu, bahan baku juga akan sulit didapat jika permintaan sedang naik. Bahkan, pengusaha juga harus bersaing dengan produk buatan China yang harganya relatif lebih murah. Sebagai solusi, sebisa mungkin jalin kerjasama dengan supplier bahan baku yang terpercaya agar proses produksi boneka tidak terhambat dan harga jual yang ditawarkan tidak kalah bersaing dengan produk buatan luar negeri.
Untuk memasarkan dan memperluas produksi boneka, Anda bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah mengikuti pameran UKM yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta sehingga produk-produk unggulan Anda bisa diperkenalkan kepada masyarakat luas. Bahkan, Anda bisa menambah jaringan bisnis, dan memperbesar peluang pasar yang dimiliki. Disamping itu, boneka bisa Anda titipkan di toko-toko mainan anak, supermarket, toko aksesoris dan gift, serta beberapa toko lainnya yang banyak dikunjungi anak-anak dan remaja putri.

Sedangkan untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa memanfaatkan media massa seperti memasang iklan di majalah, koran, atau memanfaatkan internet marketing sebagai solusi tepat pemasaran UKM. Agar usaha ini berjalan sukses, maka pupuklah mental juara dalam diri agar bisa menjadi pemenang dalam setiap tantangan. Jangan pernah takut dengan persaingan yang ada karena setiap tantangan ada peluang baru yang bisa dimanfaatkan. Yang terakhri, terus membuat inovasi dan kreativitas dalam menghasilkan produk boneka tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com