Laman

Selasa, 27 Januari 2015

10 Langkah Mengembangkan Produk / Jasa yang ‘Anda banget’

www.omahbloggermagelang.comWaktu pertama kali menemukan passion saya dalam dunia kreatif dan sharing, hal pertama yang langsung saya hadapi bukan pertanyaan favorit se- RT, “Dari mana modalnya?”, tapi pertanyaan yang jauh lebih sederhana, “Apa yang mau saya jual?”

Tahu passion tidak berarti selalu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti Apa yang mau saya jual?, Apa yang mau orang beli dari saya?, Apa alasan orang mau datang jauh- jauh mengantarkan uangnya pada saya?, atau Apa istimewanya produk/ jasa yang saya tawarkan?

Ketika kita mau menjelma jadi passionpreneur, kita sedang menyulap hobi dan passion kita jadi sumber income. Untuk itu, kita harus bisa menjawab pertanyaan- pertanyaan ini!

Produk/ jasa yang Anda banget tidak boleh sekedar Anda doang yang suka. Orang pun harus suka atau membutuhkannya!

Berikut 10 tahap untuk mengembangkan produk/ jasa yang sesuai dengan passion Anda, yang Anda banget, dan tentunya, layak membuat orang lain merogoh koceknya untuk Anda!

1. Temukan Inspirasinya
Inspirasi untuk produk atau jasa yang anda banget, tidak sulit dicari. Anda bisa menemukannya di sekeliling Anda, di depan hidung Anda, atau bahkan di dalam kepala Anda! Perhatikan apa produk yang sudah ada tapi belum sempurna? Apa yang bisa membuatnya lebih unik? Apa yang dibutuhkan diri Anda dan kenalan Anda? Apa jasa dan produk yang Anda banget?

2. Masukkan Aktivitas Passion
Gunakan passion Anda sendiri untuk mengembangkan aktivitas dalam produk/ jasa ini. Apa passion Anda yang akan jadi aktivitas pendukung utama ini? Dan apa aktivitas yang akan menjadi aktivitas pendukungnya? Bagaimana passion Anda membuatnya jadi berbeda?

3. Bangun Konsepnya
Kembangkan secara lisan dan tulisan, konsep Anda untuk produk dan jasa ini. Bagaimana produk dan jasa Anda ini bisa membantu Anda dan kenalan Anda menangani keluhan yang ada? Bagaimana dia memperbaiki produk yang sebelumnya menjadi inspirasi dasar Anda? Bagaimana membuat keunikannya khas Anda banget?

4. Diskusikan Dengan Target
Coba bawa konsep ini ke target pengguna Anda, dan tanyakan, apakah mereka suka? Apa mereka mau membayar Anda untuk ini? Apa Anda sendiri mau membayar diri Anda untuk ini?

5. Bangun Prototype
Setelah mereka dan Anda sendiri tertarik, coba bangun prototype nya. Bila ini adalah produk, kembangkanlah produk contoh. Bila ini adalah jasa, kembangkanlah sesi- sesi dimana Anda bisa mempraktekkan jasa ini untuk contoh, dan mencoba konsepnya secara aktual.

6. Coba Pada 100 Orang
Coba dan tunjukkan, serta presentasikan produk atau jasa Anda pada 100 orang bila memungkinkan, dan catat setiap masukan atau informasi yang berguna dalam proses ini. Pssssttt, 70 persen kemungkinan mereka nantinya akan jadi pelanggan- pelanggan pertama Anda lho!

7. Perbaiki Sambil Jalan
Ketika produk atau jasa yang ‘Anda banget’ belum berhasil atau belum lancar, bukan berarti Anda harus berhenti. Tapi Anda harus mengubahnya dan menyesuaikannya dengan input yang ada, untuk membuatnya lebih baik lagi. Perbaiki dan ubah produk jasa Anda.

8. Luncurkan Produk dan Jasa Anda
Luncurkan dan umumkan keberadaan produk dan jasa Anda ke lingkungan seluas- luasnya yang bisa Anda capai. Sebarkan informasi ke target agar mereka tahu keberadaan produk/ jasa Anda. Pastikan produk dan jasa ini sesuai passion Anda, walau masih bisa terus dikembangkan.

9. Cari Partner dan Investor
Partner dan investor untuk mengembangkan produk dan jasa Anda akan membawa perkembangannya jauh lebih cepat! Pilih investor yang memiliki Passion yang sama dengan Anda, visi yang sama dengan Anda, atau mau memberikan kebebasan Anda berkreasi dengan produk Anda.

10. Terus Kembangkan, Perbaiki, Diversifikasi
Pengembangan produk dan jasa yang Anda banget ini tidak berhenti pada saat mulai dijual dan dibeli. Tapi harus terus dikembangkan dan diperbaiki, juga di- diversifikasi dalam berbagai varian lainnya, sambil jalan. Dan dalam jiwa Passionpreneurship, pastikan produk ini dan semua variannya, sesuai passion Anda, dan ‘Anda banget’!

Jadi, itulah 10 langkah untuk mengembangkan produk/ jasa yang ‘Anda banget’. Rahasia untuk sukses dalam melaksanakan kesepuluh langkah ini adalah komitmen!

Ingat salah satu prinsip passionpreneurship, “Sukses dalam karier itu kayak makanan all you can eat. Pilih yang Anda suka, selesaikan yang Anda pilih!”

1 komentar:

  1. Dubril Firm Loan menawarkan pinjaman aman dan tidak aman untuk individu, pembentukan pribadi dan umum tanpa agunan.
    tingkat bunga kami adalah pada tingkat yang terjangkau dari 2% dan kami proses pinjaman / pengadaan adalah yang terbaik yang pernah Anda dapat mendapatkan.
    Kami menawarkan setiap jumlah pinjaman dan untuk alasan yang masuk akal.
    Hubungi kami hari ini untuk pinjaman Anda melalui,
    Email: dubrilloanfirm@gmail.com
    Skype: dubrilloanfirm1

    BalasHapus

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com