Laman

Selasa, 09 Desember 2014

Kunci Sukses Usaha

Endang membuka toko online dan ia menjual baju-baju wanita. Setiap dua minggu sekali ia pergi ke pasar Tanah Abang untuk kulakan. Karena ia belum mempunyai kendaraan pribadi, maka jumlah yang ia beli pun terbatas. Dampaknya, ia membeli dengan harga yang belum murah benar. Dalam hal mengantarkan pesanan kepada pelanggan pun ia terhambat. Mengandalkan jasa pengiriman paket yang agak jauh dari rumah, ia pun harus naik angkutan umum untuk ke tempat itu. Akibatnya biaya yang dikeluarkan meningkat. Sudah dua tahun bisnisnya belum berkembang juga.

Sebenarnya apa saja rahasia sukses dalam berbisnis? Apakah kendaraan pribadi memegang peranan penting. Yuk simak yang berikut ini.

Solusi untuk modal
Membuka usaha perlu modal yang banyak? Siapa bilang. Kamu bisa memulainya dari nol. Misalnya, jika kamu ingin membuka toko baju tapi modal tidak punya, coba saja jadi reseller dengan sistem dropshipping. Contoh lain lagi, jika ingin punya usaha rental mobil, tapi nggak punya mobil. Ajak saja rekan atau kerabat atau saudara yang memilkiki mobil untuk bekerja sama.

Jika percaya diri untuk meminjam uang, pilihlan bentuk pinjaman lunak. Kalau bisa bantuan dari pemerintah untuk UKM. Usahakan jangan meminjam dari Kredit Tanpa Agunan karena bunganya tinggi. Apalagi meminjam dari rentenir. Bukan untung, tapi buntung yang didapat.

Lokasi yang strategis
Yang paling utama dalam menentukan kesuksesan sebuah bisnis adalah lokasi. Pilihlah lokasi yang strategis dan kalau bisa mendekati target market kamu. Misalnya jika membuka usaha toko bangunan, maka harus di lokasi yang sedang berkembang. Atau di daerah yang banyak perumahan barunya. Nah, kalau bujet kamu sedikit, kamu bisa memulainya dari rumah. Tapi giatkan dalam promosi online-nya.

Pengelolaan dan manajemen
Yang tidak kalah penting adalah pengelolaan bisnis alias manajemen. Kalau merekrut orang, pilihlah yang berpengalaman dan sesuai bidangnya. Misalnya saja jika kamu membuka bisnis travel atau hotel, kamu bisa merekrut mereka yang sekolah pariwisata. Mungkin juga mahasiswa yang sedang mencari tempat magang bisa kamu rekrut. Kalau dana terbatas, tidak perlu merekrut karyawan. Kelola saja sendiri, atau mengajak keluarga yang kamu percaya.

Promosi dan marketing
Promosi dan marketing bukan hanya monopoli bisnis besar saja. Kamu yang baru merintis bisnis pun bisa melakukannya. Strategi promosi dan marketing dapat disesuaikan dengan bujet kamu loh. Untuk kamu yang modal cekak, utamakan saja promosi di internet. Buat blog dan akun sosial media, lalu kelola dengan maksimal. Kalau itu dirasa belum cukup, kamu bisa memasang iklan di surat kabar. Jangan remehkan pula promosi dari mulut ke mulut. Karena itu juga efektif dalam menjaring pelanggan.

Menjaga kepuasan pelanggan
Yang paling sulit dari bisnis adalah menjaga kepuasan pelanggan. Bagaimanakah itu bisa diwujudkan? Jawabannya dari dua aspek, yakni produksi dan distribusi. Aspek produksi tidak terlepas dari mutu produk yang kamu hasilkan. Mutu produk harus konsisten setiap saat. Misalnya kamu berbisnis warung tegal, usahakan jaga rasa masakanmu. Karena jika sekali saja rasanya tidak konsisten, bisa-bisa pelanggan berpaling.

Dari aspek distribusi, kamu harus yakin bahwa produk kamu dapat sampai ke tangan konsumen tepat waktu. Jika kamu membuka usaha air isi ulang gallon atau gas, maka harus juga punya kendaraan untuk mengantarkan produk ke konsumen. Tidak perlu kendaraan roda empat jika dana tidak mencukupi, cobalah dengan sepeda motor dulu. Uang muka dan angsuran yang murah, tentunya tidak akan membuat pebisnis seperti kamu merugi.

Nah, itu tadi kunci sukses dalam berbisnis. Semoga bisa menjadi inspirasi buat kamu yang ingin memulai bisnis. So, selamat berbisnis.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com