Laman

Jumat, 28 November 2014

Usaha Kreatif : Bisnis Sepeda Daur Ulang

spiritindonesia.web.idInspirasi peluang usaha dapat kita peroleh dari mana saja. Misalnya bisnis yang satu ini sepeda aluminium cor ulang. Bagi kalangan industri kecil, aluminium biasanya hanya dimanfaatkan dalam pembuatan peralatan rumah tangga, yang nilai ekonominya relatif lebih sedikit. Seperti yang diketahui banyak orang bahan tersebut semakin langka di pasaran dan harganya pun bisa semakin mahal.

Melihat kondisi yang demikian, Dr. Suyitno, salah satu dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM, berinovasi dengan mengembangkan sepeda berbahan aluminium bekas. “Para pengrajin aluminium selama ini hanya memproduksi yang seragam yakni peralatan rumah tangga secara masal contohnya saja wajan, alat kukus, dan panci saja. Kondisi tersebut menjadi dilematis di saat bahan baku sulit didapatkan di pasaran dan para perajin tak bisa menaikkan harga jual dan membuat kelesuan di sektor bisnis ini,” kata Suyitno, di FT UGM mengenai alas an untuk mengembangkan frame sepeda berbahan utama logam ringan ini.

Peluang Usaha Kreatif yang dilakukan Suyitno ini memang unik. Selain berbahan dari daur ulang, sepeda yang diberi nama Castbike ini untuk rangka dibuat melalui proses pengecoran, berbeda dengan rangka sepeda pada umumnya yang dibuat menggunakan pipa-pipa yang disambung lewat proses pengelasan.
Dr. Suyitno menuturkan bahwa dalam pembuatan rangka sepeda dari pipa memerlukan bahan baku dan teknologi pengelasan yang cukup kompleks. Sementara dengan teknologi cor yang lebih sederhana, maka akan mengurangi ketergantungan pada pipa dan pengelasan, dalam proses produksinya pun lebih sederhana sehingga dapat memberikan peluang usaha kepada industri dan bisnis kecil di Indonesia.

Untuk konstruksi rangka sepeda castbike ini tersusun atas tiga komponen yaitu rangka depan, rangka samping kanan, dan rangka samping kiri. Ketiga komponen itu disusun dan disambung dengan menggunakan baut. Dan untuk komponen rangka depan pada lubang dudukan sadel, lubang dudukan stang, dan lubang poros pedal dicetak pejal lalu dilubangi dengan mesin bubut.

“Perakitannya kita kerjakan sendiri,” tuturnya. Untuk saat ini Suyitno mengembangkan 3 buah model sepeda castbike yaitu jenis urban untuk laki-laki, dan urban untuk perempuan, dan ada juga model sepeda gunung. Dalam satu hari industri kecil binaannya ini mampu memproduksi 5 unit rangka sepeda castbike. “Produksi telah berjalan dan paten sudah diajukan. Semoga dalam waktu dekat bisa segera dirilis,” tuturnya.

Dengan produk yang tergolong unik dan kreatif ini, menjadikan karya Suyitno ini terpilih menjadi salah satu dari 104 karya inovasi Indonesia paling prospektif pada tahun 2012 versi Business Innovation Center (BIC) Kemenristek RI. Kompetisi tersebut sendiri diikuti oleh sebanyak 2.519 karya inovasi dari berbagai macam bidang.

Anda juga bisa berinovasi dan menciptakan usaha kreatif dalam hal-hal sederhana yang lain. Selamat berinovasi.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com